Hikam Zain

Ramadhan Syahrul Qur'an

Ilustrasi (Grafis: Istimewa)

NUKITA.ID, MALANGImam Nawawi berkata didalam kitabnya Al Adzkar; Sebaik-baik waktu membaca al Qur'an adalah di saat dalam keadaan shalat.

Mahdzab dari pada Imam Syafi'ie dan yang lainnnya adalah bahwasanya memanjangkan berdiri  dengan membaca al Qur'an dalam shalat lebih baik dari pada memanjangkan sujud dan selainnya.

Adapun membaca Qur'an di selain sholat yang lebih baik adalah disaat malam har, danseparoh malam yang terakhir itu lebih baik dari pada awal malam, sedangkan membaca Quran diantara maghrib dan Isya' adalah perkara yang disenangi.

Adapun membaca Qur'an pada siang hari yang lebih baik adalah setelah sholat subuh, dan tidak ada hukum kemakruhan di waktu waktu yang lain. Dan dipilihlah hari yang paling baik membaca al Qur'an adalah hari jum'at, senen, kamis, hari arafah, 10 awal dzul hijjah, 10 akhir ramadhan dan adapun bulan yang paling baik membaca  Qur'an adalah bulan ramadhan. 

Berapa hari anda hatam Qur'an?

Imam abu Laits mengatakan ; "Hendaknya bagi tiap tiap insan menghatamkan Qur'an minimal 2 kali dalam satu tahun jika dia tidak bisa menambah hataman lagi".

Imam Abu Hanifah mengatakan: "Barang siapa membaca Qur'an dua kali hatam dalm setahun maka ia benar benar memenuhi hak dari pada Qur'an."

Imam Ahmad mengatakan; "Makruh bagi seseorang tidak menghatamkam Quran dalam masa lebih dari 40 hari dengan tanpa udzur".(*)

Pengajian Fathul Muin, bakda Maghrib.
Bab Puasa.
25 April 2017


*Penulis adalah Ahmad Zain Bad
 

Berita Lainnya

berita terbaru

Perempuan dan Second Sex

11/06/2020 - 11:20

berita terbaru
Harlah PMII Ke-60 Tahun

PB NU: PMII Tetap Jadi Pelanjut Intelektual NU

23/04/2020 - 03:38

Comments